Bagaimana Cara Menjadi Warga Negara New Zealand?

Anda ingin menjadi warga negara New Zealand? Jika ya, mari kita mulai berhitung berapakah point yang kita miliki untuk menjadi warga negara Selandi Baru ini.

Dalam peraturan imigrasi Selandia Baru ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk mendaftar menjadi warga negara negeri Kiwi ini. Kriteria-kriteria ini dinilai dalam bentuk point dari setiap persyaratan yang kita penuhi. Jika jumlah point kita telah mencapai 140 point, maka peluang untuk menjadi warga negara Selandia Baru akan sangat besar.


Cukup sulit memang untuk memahami kriteria untuk menjadi warga negara Selandia Baru. Hal ini dikarenakan hampir setiap tahun terjadi perubahan kebijakan di departemen imigrasi negara ini. Maka langkah terbaik adalah selalu mengikuti perkembangan perubahan kebijakan itu di websitenya secara langsung. Silakan buka www.immigration.govt.nz untuk selalu meng-update berita terbaru mereka.

Jalur pendidikan

Ada beberapa jalur yang bisa kita gunakan untuk menjadi warga negara Selandia Baru. Jalur pertama adalah melalui jalur study atau pendidikan. Untuk jalur ini kita harus menyelesaiakan pendidikan di sini minimal selevel Diploma untuk mendapatkan 40 credit point. Selanjutnya setelah lulus kita harus mengejar untuk mendapatkan job offer dari perusahaan yang berhubungan atau berkaitan dengan bidang study yang kita pelajari sebelumnya, dari sini kita bisa mendapatkan minimal 30 point. Silakan buka website ini untuk mengetahui berapa skill (keahlian) yang saat ini dibutuhkan negara ini.

Skilled Migrant Category juga menjadi pertimbangan sendiri untuk mendapatkan persetujuan menjadi warga negara New Zealand. Saat ini skilled migrant category dibagi menjadi dua kategori, yaitu yang kategori jangka pendek (short term skilled migrant category) dan keahlian bersifat jangka panjang (long term skilled migrant category).

Usia kita yang di bawah 30 tahun akan menambah point yang lebih besar jika dibandingkan dengan pelamar yang usianya di atas 30 tahun. Kota tempat tinggal kita atau kota tempat mendapatkan pekerjaan juga memberikan point tersendiri. Saat ini Auckland adalah kota dengan point rendah. Maka jika Anda ingin menjadi warga negara sini, lebih baik mendapatkan job offer di kota yang lebih sepi seperti Wellington, Palmerston, Christchurch dan kota-kota kecil lainnya.


Jalur usaha (investasi) dan pekerjaan

Jika Anda mempunyai modal lebih, maka membuka usaha di Selandia Baru merupakan salah satu jalan untuk menjadi warga negara di sini. Bisnis bersifat jangka panjang memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan visa paling tidak selama tiga tahun untuk memastikan bahwa bisnis yang Anda kelola berjalan dengan baik. Sesudah itu, silakan mengajukan diri untuk residency. Silakan buka link ini untuk membaca lebih jauh tentang bidang usaha apa yang memungkinkan kita untuk menjadi warga negara di sini.

Kesempatan untuk menjadi warga negara di New Zealand juga diberikan bagi kita yang telah mendapatkan pengalaman kerja selama 24 bulan di New Zealand dengan gaji pokok minimal NZ$50.000 pertahun. Silakan buka di sini untuk mengetahui cara melamarnya dan di sini untuk mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi.


Jalur keluarga dan kerabat

Departemen imigrasi Selandia Baru juga memberikan peluang kepada kita untuk menjadi warga negaranya melalui jalur keluarga. Ada setidaknya empat kriteria yang memungkinkan kita untuk menjadi citizen sini melalui jalur keluarga. Detailnya silakan buka di sini.

Berikut ini adalah adalah beberapa syarat yang harus kita penuhi jika kita ingin menjadi warga negara Selandia Baru melalui jalur keluarga.

  • Partner – you are the husband, wife, defacto or civil union partner of a New Zealand citizen or permanent resident.
  • Dependent Child – you are a dependent child with a parent who is a New Zealand citizen or permanent resident.
  • Parent – you have a child who is a New Zealand citizen or permanent resident.
  • Brother, sister or adult child – you have a brother, sister or adult child who is a New Zealand citizen or permanent resident.

Demikian tulisan ringkas yang bisa saya sampaikan. Jika kurang jelas ada baiknya Anda langsung membuka website imigrasi Selandia Baru.

3 Response to "Bagaimana Cara Menjadi Warga Negara New Zealand?"

  1. makasih bangat bang,

    Anonim says:

    Trimakasih atas informasinya. :):) ))

    Unknown says:

    Hallo,bgm kalau kesana via visa turis sampe disana dapat kerjaan baru urus visa kerja dan pr,thanks

Posting Komentar