Berencana Mendirikan Perusahaan

Setelah pulang dari New Zealand, kesibukan di rumah bukannya berkurang, tapi malah semakin bertambah. Jika kesibukan di Selandia Baru adalah kuliah dan bekerja part time, maka kesibukan di Indonesia adalah bekerja dan bersama istri mengasuh putri kami, Kheira Alexandrina Andoyo.


Ada harapan besar dari kami berdua untuk memulai merintis berwirausaha. Entah nantinya menjadi sebuah PT, CV atau jenis perusahaan lain saat ini masih menjadi pikiran kami berdua.

Jika Pembaca memiliki ide dan saran, tolong dong minta saran dari teman-teman. Kira-kira jenis lembaga usaha apa yang paling cocok dan murah meriah, apakah PT (perseroan terbatas) atau CV.

Jujur anggaran kami saat ini sangat terbatas. Bismillahirrahmanirrhiim.... Semoga dimudahkan.

2 Response to "Berencana Mendirikan Perusahaan"

  1. YasaBlogs says:

    selamat pagi pak andoyo
    klo saya boleh memberi saran atau masukan kepada bapak mengenai badan usaha yang cocok yang bapak inginkan. Untuk murah CV lebih direkemandisikan karena pendirian CV hanya perlu pemebuatan akta pendirian yang dibuat di depan notaris dan didaftarkan di PN biayanya sekitar 5 jutaan pak, serta ijin dari lingkungan setempat. Utk PT hampir sama prosesnya hanya pembuatan akta pendirian namun setelah itu banyak perdaftaran yang harus dilakukan seperti TDP, SIUP, NPWP, dan lain lain.Berdsarakan UU 40 yang baru mengenai PT Modal dasar minimal 50 juta dan modal disetor 25 juta jadi minimal 50 juta belum biaya pembuatan akta.Namun seluruh aturan di UU yang baru harus diterpkan.Jadi menurut hemat saya dilihat dahulu apakah usaha bapak memang masuk dalam kulifikasi dana yang besar atau kelasnya besar saya sarankan PT. Apabila masih kecil lebih baik CV namun bukan badan hukum yang artinya apabila terjaid sesuatu tdiak terbatas.
    terima kasih

    Waah, terima kasih banget nih atas tips untuk membuka usahanya. Rasanya memang ingin segera mendirikan badan usaha dan memulai berwiraswasta.

Posting Komentar