Kuliah di New Zealand, Apa dan Bagaimana?

Postingan artikel ini adalah karena banyaknya permintaan dari para pembaca blog saya. Beberapa kali saya juga menemukan pencarian "kuliah di New Zealand" dari Google.com yang mampir ke blog saya. Jadi tulisan ini saya harapkan dapat memberikan sekilas informasi apa dan bagaimana kuliah di New Zealand.

Untuk alamat-alamat website universitas atau polytechnic di New Zealand (khususnya yang di North Island) bisa Anda buka pada link berikut ini.


Hanya saja dalam pembahasan ini saya akan fokuskan dulu untuk yang di North Island. Soalnya saya belum pernah ke South Island, jadi takut ada yang salah.

Ada beberapa tahapan yang memang diperlukan saat kita akan mendaftar kuliah di New Zealand atau Selandia Baru.
  1. Pertama, kita harus memiliki IELTS Score di atas 5,5 - 7 (ini untuk Diploma dan undergraduate). Ini nanti untuk syarat masuk kuliah dan sekaligus untuk mendapatkan VOC (Variation of Condition yang memungkinkan kita studi sembari kerja part time). Untuk S2 atau Postgraduate biasanya meminta IELTS Score di atas 6,5. Terkadang juga ada test pendahuluan (beberapa kasus test melalui email dan interview di Kedutaan Besar New Zealand) sebelum kita dinyatakan diterima di lembaga pendidikan yang berada di New Zealand.
  2. Harus memiliki Guarantor (penjamin) dari Indonesia (bisa keluarga atau teman) dengan saldo uang minimal Rp.80.000.000,00 atau lebih.
  3. Mendaftar di Universitas atau Polytechnic yang kita sukai dan membayar fee (biaya pendidikannya) dari Indonesia atau negara sekarang tempat kita tinggal. Rata-rata di atas NZ$ 14.000/year (NZ$ 1 biasanya berkisar Rp.6.000).
  4. Setelah mendaftar dan membayar biasanya dapat Letter of Offer yang bisa kita gunakan untuk mengajukan Visa Student di kedutaan besar New Zealand. Berkas-berkas yg harus dilengkapi dengan: SKCK, KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Pasport, Surat Rencana Studi di New Zealand yang kita buat sendiri dalam bahasa Inggris, tiket pesawat ke New Zealand (tidak harus), Surat Guarantor dari Bank (Referensi Bank), dan dokumen hasil Medical Check Up (biasanya di RS MMC Jakarta).
  5. Untuk medical check up biasanya yang diperiksa adalah air kencing, darah, pemeriksaan dokter, X-Ray, dan penglihatan. Jadi saya sarankan sebaiknya yang terbiasa merokok berhenti dulu minimal 1 minggu sebelum pemeriksaan.
Ada beberapa student yang mengharapkan bisa bekerja part time sambil kuliah di New Zealand. Jika Anda memang berminat berikut ini adalah beberapa Link yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan pekerjaan part time dan saya lampirkan juga alamat beberapa Link yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan flat/apartemen di New Zealand. Buka link-link berikut ini.
Demikian informasi dari saya mudah-mudahan Ada manfaatnya. Jangan lupa kirimkan umpan balik atau kritik jika Anda membutuhkan informasi lebih.

3 Response to "Kuliah di New Zealand, Apa dan Bagaimana?"

  1. Thans atas infonya, sangat bermanfaat..

    Keep possting bro!

    Lain kali bahas biaya kuliah di NZ dong? ^^

    Halo Mas Dedi,

    Untuk bekerja di perkebunan saya memang tidak memiliki link/jaringan yang bisa menghubungkan mas.

    Tapi untuk belajar mungkin saya bisa membantu.

    Bukan masalah apa-apa sih mas, cuma untuk saat ini akses masuk ke negara ini sangat terbatas. Kebanyakan dari teman-teman di sini mereka belajar dulu baru kemudian bisa bekerja.

    Kemudian bekal bahasa Inggris mas tentunya juga harus mencukupi. Saat ingin mendaftar visa maka nilai TOEFL mas minimal adalah 500 atau IELTS 5 untuk mendapatkan visa belajar yang sekaligus mengijinkan mas bekerja part time di negara ini.

    Lalu untuk biaya, anggaran mas saat ini bagaimana? Jujur biasanya ini yang menjadi masalah bagi beberapa teman yang ingin studi di sini sembari bekerja.

    Anonymous says:

    Dedi Mulyadi,

    Asalamualaikum,..
    Mlm d sini dinihari dsana mas, mas Andoyo sblmny sy mohon maaf dan terima kasih sdh jawab dan bsdia mmbrkn informasi, sbnrnya dan sy yakin mas jg dah tw..ya obsesi sy untuk blajar bhs inggris ni adalah keinginan sy untuk dapat dan bekerja k new zealand dan bukan sesuatu yg salah tntnya iya kan mas? ya sy mau mmprbaiki diri dan hidup sy tentunya...sy lajang dgn keamburadulan hidup diantara study yg tersendat. Sy brpikir dgn gaji yg dtawarkan disana, tentu sy bs memperbaiki smwnya..amin. Sy bs menikah, mlanjutkan study dan bs berusaha krn punya modal(optimis bgt mas ya) ya tntnya spulang dr sana sy punya modal. Mohon informasi lokasi perkebunan anggur ataupun yg lainya mas. kalo ada yg d kelola/banyak orang bandungnya. Terima kasih sebelumnya mas.

Posting Komentar