Permulaan Winter, Hujan Hail di Wellington New Zealand

Cuaca semakin tak menentu di Wellington. Beberapa hari ini, saat menjelang libur perayaan The Queen Day yang jatuh pada hari Senin 1 Juni 2009, cuaca semakin menggila. Hari Minggu, 31 Mei 2009 kemarin turun hail (semacam hujan butiran es di Indonesia). Meskipun tidak banyak tapi cuaca hari itu terasa sangat dingin.

Cuaca di Wellington memang sangat tidak menyenangkan, sehari bisa terjadi empat musim sekaligus. Malam yang dingin membuat badan menggigil, pagi yang sedikit dingin dan siang yang terasa panas (meskipun suhunya ga lebih dari 15 derajat celcius). Lalu sore hujan dengan angin dingin yang membuat kami bergegas masuk ke dalam flat, masih dingin juga.

Perkiraan cuaca di sini juga biasanya mencantumkan Wind Chill, sebutan umum untuk angin yang membuat kita terasa lebih dingin dari suhu sebenarnya. Bisa jadi suhu asli tanpa angin adalah 11 derajat celcius, tapi karena tiupan angin selatan dari kutub selatan membuat suhu seakan di bawah 2 derajat celcius.

Saran saya, kalau kondisi kayak gini. Pakailah baju hangat beberapa lapis, kaus kaki panjang, sarung tangan dan rain coat kalau Anda ingin keluar dari tempat tinggal untuk pergi jalan-jalan atau berbelanja dan beraktivitas. Beberapa teman saya yang biasa hidup di negara yang suhunya di bawah minus sering mengatakan bahwa Wellington terasa lebih dingin dari negara mereka, itu karena Wind Chill yang bertiup kencang dan masuk ke badan kita.

1 Response to "Permulaan Winter, Hujan Hail di Wellington New Zealand"

  1. merry says:

    Hi Mas Andoyo,

    saya ingin sekali liburan ke new zealand, pengennya sih bisa jalan dai auckland - wellington, dari ujung ke ujung, en maunya jalan sendiri, gak pake tour.
    Mas, bisa minta sarannya spy bisa jalan ke auck-welli dg murah & cover smua area in 7 days?
    Mohon tips & tricks-nya ya.

    Rencanannya saya akan pegi b'2 dg suami.

    Plz dvice.

    Thanks
    Merry

Posting Komentar